FORMULIR PENDAFTARAN ESAI
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2019
I. DATA KETUA KELOMPOK
II. DATA ANGGOTA I
III.
IV.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nama Usaha
|
Taka (Tahu Katsu)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Latar Belakang
|
Katsu adalah sebuah makanan khas dari negeri samurai. Katsu adalah sebuah makanan utama yang sering kita temui di berbagai restoran Jepang ataupun restoran restoran biasa. Dari mulai restoran mewah sampai restoran kaki lima. Selain makanan nya yang khas dari Jepang, rasanya yang renyah diluar dan lembut didalam ini yang membuat katsu banyak digemari oleh masyarakat kini.
Lambat laun perkembangan makanan katsu ini meningkat dan membuat katsu lebih banyak dikenal oleh banyak orang. Namun, banyak orang mengetahui bahwasannya katsu terbuat dari ayam saja. Maka dari itu makanan ini sering disantap untuk makan siang atau makan berat lainnya.
Setelah melihat sejarah panjang perjalanan katsu ini, terbesit di pikiran kami untuk membuat sebuah usaha katsu yang murah dan enak. Namun pada saat itu kami berpikir bahwa harga bahan dasar nya saja mahal, bagaimana bisa membuat harga katsu itu bisa murah dan lain sebagai nya. Akhirnya munculah ide untuk membuat katsu dengan bahan dasar yang murah tapi bukan murahan, yaitu tahu. Ternyata setelah membuat dan mencicipi rasa katsu tahu itu rasanya tidak kalah enak dengan chicken katsu yang lumayan mahal itu.
Setelah memberikan tester kepada beberapa orang di sekitar lingkungan rumah, akhirnya kami memberanikan diri membuka usaha ini dengan modal yang minim dan peralatan yang seadanya. Dan usaha ini sudah berjalan selama 2 bulan lamanya.
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Deskripsi Usaha
|
Usaha yang kami dirikan ini bernama TaKa atau kependekan dari Tahu Katsu. Usaha ini sudah berjalan selama 2 bulan lamanya. Usaha ini kami dirikan dan kami jalankan secara mandiri tanpa bantuan karyawan karena belum memiliki cukup modal untuk membayar karyawan. Tahu katsu ini dibuat secara homemade dan dijamin kebersihan dan kelayakannya serta kehalalan nya. Tahu katsu ini berbahan dasar tahu dan komponen lain nya seperti tepung terigu, tepung roti dan lain sebagainya. Bahan bahan yang kami gunakan masih sangat fresh dan dijamin kesegarannya. Tahu katsu ini kami bandrol dengan harga Rp.10.000,- yang terdiri dari katsu tahu ukuran sedang dengan salad ala hokben dan varian saus pilihan yaitu saus sambal dan saus tomat, atau saus teriyaki.
Beberapa keunggulan dari produk kami:
1. Bahan baku yang berkualitas
2. Tekstur makanan yang renyah diluar dan lembut di dalam.
3. Bisa dipensan dengan keadaan matang atau mentah dalam keadaan beku.
4. Harga yang terjangkau namun rasa dan kualitas bintang 5.
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Strategi Pemasaran
|
Untuk strategi pemasaran yang kami gunakan untuk pertama kali yaitu melalui sistem door to door kepada para konsumen. Selain metode ini sangat efektif untuk pengusaha pemula seperti usaha kami. Selain itu kami juga menggunakan dan memanfaatkan sosial media dalam proses pemasaran dalam memasarkan produk kami. Rencana kami adalah membuka stand pada acara-acara seperti festival Jepang, bazar makanan, dan event lainnya.
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Prospek Usaha
|
Berdasarkan perjalanan usaha ini selama 2 bulan lamanya, memang belum menunjuk kan prospek usaha yang menjanjikan dikarenakan sumber daya manusianya yang kurang dan manajemen pemasaran yang belum kuat dan paten. Namun bila usaha ini didanai dan juga memiliki SDM yang memadai maka usaha ini adalah usaha yang menjanjikan.
Rencana apabila didanai ialah :
Ø Membuat tenda dagang di beberapa titik yang strategis dan menguntungkan
Ø Menambahkan bobot produksi dengan tujuan meningkatkan omset usaha.
Memasukan produk ke minimarket atau toko makanan terdekat.
|
Esai
(Max 3 lembar)
|
Usaha katsu tahu ini adalah termasuk usaha yang paling muda mungkin di dalam PMW ini, bagaimana tidak usaha ini baru berjalan sekitar 2 bulan lamanya. Usaha ini belum menunjukkan tunas kejayaannya di 2 bulan usaha ini lahir. Namun, meskipun usaha ini masih muda, tidak menutup kemungkinan usaha ini bisa menjadi usaha yang prospektif dan menguntungkan bagi kami para owner maupun orang di sekitar kami. Usaha ini memang dinilai usaha yang unik dan juga rentan akan banyak resiko, namun kami yakin apabila kami diberi peralatan dan kelengkapan yang memadai, dana yang cukup dan lain sebagainya kami yakin usaha ini akan lebih meroket disbanding dengan usaha usaha lainnya.
Meskipun usaha ini dinilai usaha yang muda dan baru terdengar, namun katsu tahu ini lebih unggul daripada katsu berbahan dasar daging ayam atau daging lainnya. Apabila ditinjau dari kelebihan katsu tahu ini antara lain :
· Bahan dasar lebih terjangkau dan fresh
· Tahan sampai 1 minggu lamanya
· Lebih renyah dan lembut
Dari keunggulan keunggulan diatas, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk usaha kami bisa didanai. Karena usaha yang digolongkan masih muda dan rentan akan masalah masalah internal maupun eksternal, kami menyadari bahwasannya produk kami juga memiliki kelemahan, diantaranya :
· Bahan dasar yang mudah rusak atau tidak fresh, karena berbahan dasar tahu yang hanya kuat dari 2 sampai 3 hari, maka kami menggunakan Teknik pengawetan alami yaitu menggunakan air garam dan direbus supaya bahan dasar tahan lama dan tidak berubah rasa. Ketahan dengan Teknik pengawetan ini kurang lebih adalah 1 minggu lamanya.
· Kemasan yang mudah rusak, dengan menggunakan kemasan berbentuk mika plastic dan kotak bento ukuran kecil maka kemasan rentan rusak,dan lainnya. Maka kami juga mencegahnya dengan pengemasan packaging yang rapih, simple dan tahan lama.
· Produk tidak renyah karena sudah dimasak sebelum pengiriman, untuk masalah ini kami juga menyediakan opsi pilihan untuk customer untuk memilih apabila ingin katsu tahu tetap renyah dan hangat, customer bisa memesah katsu tahu ini dalam keadaan dibekukan (Frozen katsu).
Setelah melihat dan menimbang kelemahan dan kelebihan dari produk kami, kami percaya bahwa produk kami bisa kami pasarkan dan distribusikan di sekitaran wilayah produksi, lingkungan kampus dan event event lainnya. Produk kami cocok dinikmati pada saat pelanggan makan siang atau sarapan, sekedar ngemil atau untuk bekal anak-anak ke sekolah. Produk kami dapat dinikmati dari mulai balita, anak-anak, remaja, sampai dewasa. Oleh karena itu produk kami mempunyai peluang yang besar dalam penjualan.
Karena usaha kami adalah usaha yang digolongkan usaha yang muda, maka tidak asing lagi dengan adanya tantangan dan rintangan dalam membangun usaha ini. Dari mulai produksi yang tersendak karena modal, masih kurangnya pangsa pasar dan lain sebagai nya. Maka dari itu kami memiliki prinsip bahwa apapun benih yang kita sebar dan kita tanam itulah yang kita ambil. Maka dari itu kami menjalani usaha ini dengan semangat, tekun, dan ulet. Karena itu semua adalah salah satu dari kunci kesuksesan.
Tahu Katsu atau disingkat TaKa, adalah salah satu makanan khas jepang yang biasanya dibuat dari bahan dasar daging ayam atau daging lainnya, namun kami memodifikasi bahan dasar katsu kami dengan bahan yang lebih ekonomis dan terjangkau yaitu tahu. Tahu ini diproses dengan cara direbus lalu dihancurkan dan di cetak dengan berbagai bentuk sesuai selera lalu digoreng. Walaupun digoreng, namun tahu katsu ini sangat rendah minyak karena menggunakan metode menggoreng yang tepat.
Katsu-katsu yang beredar memiliki harga kurang lebih berkisar antara Rp.10.000 sampai Rp.20.000, namun katsu tahu produksi kami dibandrol dengan harga Rp.7.000 saja, dengan komposisi satu pcs katsu tahu, sambal varian dan sayur mayo. Cukup murah dan sangat bersahabat dengan pangsa pasar awal kami yaitu mahasiswa. Selain itu, katsu ini juga enak, murah dan pastinya Halal.
Untuk menarik pelanggan atau reseller, kami menggunakan sistem promo dimana bagi para reseller dapat mendapatkan produk katsu tahu ini dengan membayar cukup Rp.6.000 saja dan dapat menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi dari itu. Untuk customer yang melakukan pembelian hingga 5 kali dapat mendapatkan diskon 50 % dari produk kami yang seharusnya membayar Rp.7.000 hanya membayar Rp.3.500 saja.
Selain menggunakan promosi di atas, kami juga berniat untuk membuka stand makanan produk kami di berbagai event berbau Jepang seperti, Jiyuu Matsuri, Ennichisai, Jak Japan Matsuri dan lain sebagainya, atau event besar. Dan selain itu pula kami melakukan penyebaran iklan iklan diatas dengan menggunakan media sosial dan juga flyer flyer sederhana.
|
Key Partners
· Allah SWT.
· Orang tua
· Warung Sayur Mpok Nur, selaku distributor bahan dasar tahu katsu
· Tim pemasaran
· Tim Pengantar Paket
|
Key Activities
Produksi
· Memilih bahan dasar yang segar.
· Mengolah dan meracik bumbu katsu.
· Memperbanyak produksi untuk meningkatkan omset penjualan.
Pemasaran
· Mempromosikan produk ke teman teman atau masyarakat sekitar wilayah produksi.
· Mencari dan memperbanyak reseller dan distributor.
· Pengontrolan akun sosial media untuk pengkoordinasian pemesanan dari pelanggan.
· Membuka stand di dalam event event berbau Jepang.
· Membuat iklan yang menarik.
· Membuat promo promo menarik.
|
Value Proposition
· Harga yang terjangkau dan murah yang menjadi sasaran anak anak kosan maupun anak anak sekolah.
· Bahan dasar yang dijamin sehat, bersih dan halal.
· Rendah kalori dan kadar minyak.
· Terdapat 2 varian saus pendamping yang enak.
· Dapat dipesan dengan sosial media, telepon maupun email.
· Gratis ongkos kirim untuk daerah Jakarta Selatan dan Depok.
|
Customer Relationships
· Menjalin silahturahmi dengan para reseller dan melakukan sharing untuk mengetahui apa saran dan kritik konsumen. Selain itu menjadikan pelanggan sebagai raja, dengan maksud memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan untuk membuat pelanggan senang dan berlangganan dengan kami.
|
Customer Segments
· Mahasiswa dan mahasiswi kampus UNJ
· Siswa siswi SMP dan SMA di daerah Depok dan Jakarta.
· Para penyuka kuliner Jepang.
· Masyarakat sekitar daerah produksi.
| |
Key Resources
· Sumber daya manusia yang meliputi karyawan, marketing dan reseller.
· Sosial media seperti Instagram, Facebook.
|
Channels
· Memberikan bonus kepada para reseller dengan prestasi penjualan terbaik
· Memberikan promosi kepada para pelanggan yang menjadi pembeli dengan jumlah terbanyak
· Memberikan pelayanan yang menyenangkan dan ramah kepada para pelanggan atau reseller
· Menerima kritik dan saran dari para pelanggan dan reseller.
| ||||
Cost Structure
· Memerlukan biaya tambahan untuk modal perkembangan usaha baik perihal stok bahan ataupun pengadaan alat-alat yang akan dipakai
· Berapa banyak estimasi modal yang anda butuhkan ?
Bahan:
ü Tahu Rp. 500.000,-
ü Telur Rp. 500.000,-
ü Tepung Rp. 500.000,-
ü Bahan lain Rp. 1.500.000,-
Alat-alat produksi (Sabun cuci piring, pembungkus makanan, dll):
Rp. 1.000.000,-
TOTAL: Rp. 4.000.000,-
|
Revenue Streams
· Dana hibah PMW
· Modal pribadi
| ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar